Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) aspek struktur objektif dalam novel
Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. (2) nilai pendidikan moral dalam novel
Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S.
Objek dalam penelitian skripsi ini yaitu aspek struktur objektif dan nilai
pendidikan moral yang terkandung dalam novel Kentjono Katon Wingko karya
Boedhi S. Subjek penelitiannya adalah novel Kentjono Katon Wingko karya
Boedhi S. instrument dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, buku
pencatat, bolpoint, serta buku-buku yang relevan yang dapat mendukung sebagai
bahan acuan. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik pustaka dan
teknik catat yaitu dengan cara: (1) penulis membaca novel Kentjono Katon
Wingko karya Boedhi S. (2) penulis mengidentifikasi data. (3) mencatat hasil data
yang berhubungan dengan novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. penulis
juga menggunakan metode deskripsi. Teknik analisis isi penulis menggunakan
metode analisis isi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tema yang terdapat dalam
novel Kentjono Katon Wingko karya Boedhi S. terdiri dari beberapa sub tema yaitu:
terkena godaan, awal mulainya cinta, korban tawuran, dan meraih kebahagiaan.
Sedangkan tema utamanya adalah ketulusan cinta yang dihianati. Tokoh utamanya
adalah Hartadi, dan tokoh tambahannya yaitu Esty, Soedigdo, Pak Hardjopranoto,
Sujatno, Ibunya Hartadi. Latar terbagi dalam tiga jenis yaitu latar waktu, latar
tempat dan latar sosial. Alur yang digunakan alur campuran. Sudut pandang yang
digunakan yaitu sudut pandang orang ketiga “dia” mahatahu. (2) nilai pendidikan
moral yaitu: (a) nilai pendidikan moral yang berhubungan antara manusia dengan
Tuhan yaitu: berdoa kepada Tuhan. (b) nilai pendidikan moral yang berhubungan
antara manusia dengan sesama manusia meliputi: cinta, kepahlawanan, dan
Hormat. (c) nilai pendidikan moral yang berhubungan antara manusia dengan diri
sendiri meliputi: sabar, rindu, sedih, dan takut.