Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh yang positif dan
signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar bahasa
Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun
pelajaran 2013/2014, (2) mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1
Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (3) mengetahui
pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan
motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa
kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran
2013/2014.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten
Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X
RPL 1 SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk memperoleh
data mengenai status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar bahasa jawa
siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran
2013/2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif
dan analisis kuantitatif. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dan
reliabilitas menggunakan alpha cronbach.
Hasil dari penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa
prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten
Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014: 23,68% dikategorikan baik sekali, 60,53%
dikategorikan baik, 15,79% dikategorikan cukup, dan 0% dikategorikan kurang.
Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa: (1) status sosial
ekonomi orang tua memberi pengaruh sebesar 16,01% (sig 0,000 < 0,05) terhadap
prestasi belajar bahasa jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten
Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (2) motivasi belajar memberi pengaruh
sebesar 33,13% (sig 0,000 < 0,05) terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa
kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran
2013/2014, (3) Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diketahui bahwa status
sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama memberi
pengaruh sebesar 92,10% (sig 0,000 < 0,05) terhadap prestasi belajar bahasa jawa
siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran
2013/2014.