Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS X SMK N 1 WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Sasongko, Anggit
dc.date.accessioned 2018-02-13T02:00:59Z
dc.date.available 2018-02-13T02:00:59Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2288
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (2) mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (3) mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X RPL 1 SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk memperoleh data mengenai status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar bahasa jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014: 23,68% dikategorikan baik sekali, 60,53% dikategorikan baik, 15,79% dikategorikan cukup, dan 0% dikategorikan kurang. Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa: (1) status sosial ekonomi orang tua memberi pengaruh sebesar 16,01% (sig 0,000 < 0,05) terhadap prestasi belajar bahasa jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (2) motivasi belajar memberi pengaruh sebesar 33,13% (sig 0,000 < 0,05) terhadap prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014, (3) Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diketahui bahwa status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama memberi pengaruh sebesar 92,10% (sig 0,000 < 0,05) terhadap prestasi belajar bahasa jawa siswa kelas X SMK N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pend. Bhs Jawa en_US
dc.subject status sosial ekonomi, motivasi belajar, prestasi belajar en_US
dc.title PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS X SMK N 1 WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account