Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode
objek langsung dalam pembelajaran menulis geguritan pada siswa kelas X
SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 dan (2) peningkatan keterampilan
menulis geguritan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran
2013/2014 setelah digunakan metode objek langsung.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom
action research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa X
MIPA 6 SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32
siswa (14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan). Objek penelitian adalah
peningkatan keterampilan menulis geguritan siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri
2 Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan kuesioner.
Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan metode objek langsung dalam
pembelajaran menulis geguritan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kebumen
tahun ajaran 2013/2014 secara umum meliputi: (a) kegiatan awal, berisi apersepsi,
motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; (b) kegiatan inti, meliputi
penjelasan materi mengenai pengertian, unsur, ciri, contoh, dan langkah-langkah
menulis geguritan, siswa mengidentifikasi unsur geguritan, siswa melihat objek
langsung (benda atau lingkungan sekitar), siswa menulis geguritan sesuai dengan
objek yang ditentukan, siswa bertukar karya dan menyunting karya teman, dan
siswa memperbaiki penulisan geguritan sesuai dengan saran teman; (c) kegiatan
akhir, berisi penyimpulan hasil belajar dan refleksi. Berdasarkan refleksi pada
siklus II, diketahui penggunaan metode objek langsung memberikan pengaruh
positif terhadap perubahan aktivitas siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2
Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Dari hasil observasi dan kuesioner, diperoleh
informasi bahwa ketertarikan, keseriusan, keaktifan, respons, dan sikap siswa
dalam membaca mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik (positif) setelah
dilakukan pembel-ajaran dengan metode objek langsung; (2) keterampilan
menulis geguritan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014
meningkat atau menjadi lebih baik setelah dilakukan pembelajaran dengan metode
objek langsung. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus adalah 59,84 (kategori cukup)
dan pada siklus I meningkat sebesar 7,34 menjadi 67,19 (kategori cukup). Pada
siklus II, nilai rerata siswa meningkat lagi sebesar 10,31 menjadi 77,50 (kategori
baik) dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 93,75%.