Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS GEGURITAN DENGAN METODE OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KEBUMEN

Show simple item record

dc.contributor.author Hapsari, Eva
dc.date.accessioned 2018-02-13T02:10:05Z
dc.date.available 2018-02-13T02:10:05Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2291
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode objek langsung dalam pembelajaran menulis geguritan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 dan (2) peningkatan keterampilan menulis geguritan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 setelah digunakan metode objek langsung. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa (14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan). Objek penelitian adalah peningkatan keterampilan menulis geguritan siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan metode objek langsung dalam pembelajaran menulis geguritan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 secara umum meliputi: (a) kegiatan awal, berisi apersepsi, motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; (b) kegiatan inti, meliputi penjelasan materi mengenai pengertian, unsur, ciri, contoh, dan langkah-langkah menulis geguritan, siswa mengidentifikasi unsur geguritan, siswa melihat objek langsung (benda atau lingkungan sekitar), siswa menulis geguritan sesuai dengan objek yang ditentukan, siswa bertukar karya dan menyunting karya teman, dan siswa memperbaiki penulisan geguritan sesuai dengan saran teman; (c) kegiatan akhir, berisi penyimpulan hasil belajar dan refleksi. Berdasarkan refleksi pada siklus II, diketahui penggunaan metode objek langsung memberikan pengaruh positif terhadap perubahan aktivitas siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Dari hasil observasi dan kuesioner, diperoleh informasi bahwa ketertarikan, keseriusan, keaktifan, respons, dan sikap siswa dalam membaca mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik (positif) setelah dilakukan pembel-ajaran dengan metode objek langsung; (2) keterampilan menulis geguritan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 meningkat atau menjadi lebih baik setelah dilakukan pembelajaran dengan metode objek langsung. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus adalah 59,84 (kategori cukup) dan pada siklus I meningkat sebesar 7,34 menjadi 67,19 (kategori cukup). Pada siklus II, nilai rerata siswa meningkat lagi sebesar 10,31 menjadi 77,50 (kategori baik) dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 93,75%. en_US
dc.publisher Pend. Bhs Jawa en_US
dc.subject menulis geguritan, keterampilan menulis, metode objek langsung en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS GEGURITAN DENGAN METODE OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KEBUMEN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account