Abstract:
Perkembangan periklanan yang semakin pesat didukung oleh pertumbuhan
media cetak maupun media elektronik yang terus meningkat memungkinkan iklan
sebagai media informasi memiliki peran penting memperkenalkan dan
memperkuat citra merek bagi sebuah produk. Perusahaan haruslah selektif dalam
membuat iklan yang paling efektif untuk mendukung penjualannya. Iklan
diperlukan oleh produsen agar dapat bertahan di tengah ketatnya dunia
persaingan. Salah satu media yang diminati oleh banyak pemasar adalah media
televisi, karena media ini merupakan media audiovisual yang menarik dan
canggih dengan sekali penayangan dapat disaksikan serentak oleh puluhan juta
pasang mata di seluruh dunia.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh daya tarik iklan, kualitas
pesan iklan dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan. Objek
penelitian ini adalah iklan frestea. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemirsa
iklanFrestea di kota Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu dengan
metode purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan skalaLikert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi
linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel daya
tarik iklan, kualitas pesan iklan dan frekuensi penayangan iklanberpengaruh
positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan Frestea. Daya tarik
iklanberpengaruh positif sebesar 0,152 dan signifikan (pValue0,001). Kualitas pesan
iklanberpengaruh positif sebesar 0,322 dan signifikan (pValue0,001). Frekuensi
penayangan iklan berpengaruh positif sebesar 0,326 dan signifikan (pValue0,001).
Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa ketiga variabel mempunyai pengaruh
yang positif terhadap efektivitas iklan