dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh emotional branding yang meliputi
hubungan, pengalaman panca indera dan imajinasi terhadap loyalitas pelanggan
pada pusat perbelanjaan Plaza Ambarrukmo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei terhadap responden
dengan cara membagikan kuesioner terhadap pengunjung Plaza Ambarrukmo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung pusat perbelanjaan Plaza
Ambarrukmo Yogyakarta selama bulan Juni 2015. Sampel yang diambil 100
responden dengan kriteria responden dalam penelitian ini adalah pengunjung yang
usianya lebih dari 17 tahun dan telah berkunjung ke Plaza Ambarrukmo minimal
2 kali. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang
disusun secara sistematis berisi beberapa pernyataan yang diberikan kepada
responden yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data
yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap pembentukan loyalitas pelanggan pada pusat perbelanjaan Plaza
Ambarrukmo di Yogyakarta. Ini dilihat dari nilai koefisien regresi 0,236 dengan
nilai p-value sebesar 0,004 (<0,05). Pengalaman panca indera berpengaruh positif
dan signifikan terhadap pembentukan loyalitas pelanggan (koefisien regresi 0,331
dengan nilai p-value sebesar 0,000). Imajinasi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap pembentukan loyalitas pelanggan (koefisien regresi 0,348 dengan nilai pvalue
sebesar 0,000). |
en_US |