Abstract:
Perkembangan teknologi otomotif yang semakin pesat berimbas pada persaingan di pasar industri otomotif yang semakin ketat. Perusahaan menerapkan berbagai cara agar dapat mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Salah satu cara tersebut ialah dengan meningkatkan word of mouth. Word of mouth adalah komunikasi mengenai produk dan jasa yang dibicarakan oleh orang-orang dan merupakan pusat dari dunia pemasaran dan metode pilihan untuk menjual produk. Word of mouth yang baik juga dapat diperoleh dari komunitas merek yang mendukungnya dari serangan pesaing.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis pengaruh brand community terhadap word of mouth. Populasi penelitian ini adalah semua anggota komunitas Jogja Beat Riders di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa customer-product relationship, customer-brand relationship, customer-company relationship, dan customer-other customer relationship secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth.