Abstract:
Akhir-akhir ini olahraga mulai bergeser dari kebutuhan biasa menjadi gaya
hidup, olahraga mencerminkan pribadi yang aktif dan sehat. Begitu pula dengan
futsal, selain sebagai gaya hidup futsal juga sebagai ajang perkumpulan dengan
komunitas futsal lainnya. Hal ini menjadikan produsen sepatu futsal bersaing
untuk memenuhi gaya hidup konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji pengaruh lifestyle dan social influence terhadap keputusan pembelian
Sepatu Futsal Merek Specs di Kebumen secara parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen pakaian di
Kebumen. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel
menggunakan Sampling Purposive. Instrumen pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan
regresi linier berganda.
Hasil dari uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini terbukti valid
dan reliabel. Sedangkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa
variabel lifestyle secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian dengan taraf signifikansi p-value 0,000 (< 0,05) dan dengan nilai b
sebesar 0,620. Social influence secara signifikan berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian dengan taraf signifikansi p-value 0,000 (< 0,05) dan dengan
nilai b sebesar 0,312. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lifestyle dan
social influence secara parsial memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.