Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI PENDIRIAN STAN KECIL TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII A DAN VII B SEMESTER II SMP NEGERI 19 PURWOREJO PADA MATERI SEGI EMPAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Rozaq, Abdul
dc.date.accessioned 2018-02-13T03:25:47Z
dc.date.available 2018-02-13T03:25:47Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2330
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah aktivitas belajar matematika siswa kelas yang dikenai metode kooperatif tipe jigsaw melalui pendirian stan kecil lebih tinggi daripada aktivitas belajar matematika siswa kelas yang dikenai metode konvensional, (2) apakah pembelajaran matematika kelas yang dikenai metode kooperatif tipe jigsaw melalui pendirian stan kecil menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada kelas yang dikenai metode konvensional. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (quasi experimental research). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIA dan VII B semester 2 SMP Negeri 19 Purworejo Propinsi Jateng yang setiap kelasnya berjumlah 32 siswa. Karena teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, maka sampelnya adalah seluruh populasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata aktivitas belajar dari kedua kelas. Kelas eksperimen memiliki rata-rata aktivitas belajar sebesar 74.8125 yang lebih tinggi jika dibandingkan rata-rata kelas kontrol yang hanya 64.21875 dalam pengukuran menggunakan angket. Begitu juga ketika aktivitas belajar diukur menggunakan lembar observasi, kelas eksperimen memiliki rata-rata aktivitas belajar sebesar 90 yang lebih tinggi jika dibandingkan rata-rata kelas kontrol yang hanya 78. Pada prestasi belajar, kelas eksperimen memiliki rata-rata prestasi belajar sebesar 69.4 yang lebih besar jika dibandingkan rata-rata kelas kontrol yang hanya 64.5. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran kooperatif jigsaw melalui pendirian stan kecil lebih baik dibandingkan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan aktivitas belajar. en_US
dc.publisher Matematika-FKIP en_US
dc.subject jigsaw, stan, pretasi belajar, aktivitas belajar, sampling jenuh. en_US
dc.title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI PENDIRIAN STAN KECIL TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII A DAN VII B SEMESTER II SMP NEGERI 19 PURWOREJO PADA MATERI SEGI EMPAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account