Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui pengaruh antara lingkungan
keluarga terhadap prestasi siswa; (ii) mengetahui pengaruh antara motivasi orang
tua terhadap prestasi siswa; (iii) mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga
terhadap motivasi orang tua; dan (iv) mengetahui pengaruh antara motivasi orang
tua dan lingkungan keluarga terhadap prestasi siswa kelas X1 SMK YEPEKA
Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian E kspo facto
Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif.
Pendekatan kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerial (angka)
yang diolah dengan metode statisika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI SMK YEPEKA Purworejo yang berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian
ini berjumlah 20 siswa, ditentukan berdasarkan jumlah siswa yang hadir pada saat
pengambilan data. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner
dengan skala Likert yang masing-masing soal sudah diujicobakan dan telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan
analisis korelasi sederhana dengan rumus product-moment dan analisis korelasi
ganda.
Hasil Penelitian disimpulkan bahwa: (i) terdapat pengaruh antara
lingkungan keluarga terhadap prestasi siswa, yaitu sebesar 0,27; (ii) terdapat
pengaruh antara motivasi orangtua terhadap prestasi siswa, yaitu sebesar 0,04; (iii)
terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap motivasi orang tua, yaitu
sebesar 0,45 dan (iv) terdapat pengaruh antara motivasi orang tua dan lingkungan
keluarga terhadap prestasi siswa kelas XI SMK YEPEKA Purworejo, yaitu
sebesar 0,96.