Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Diklat Pemeliharaan Sistem Rem Siswa Kelas XI TMO SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Syarifudin, Muhamad
dc.date.accessioned 2018-02-13T03:44:27Z
dc.date.available 2018-02-13T03:44:27Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2342
dc.description.abstract Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas belajar siswa serta untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) dalam mata pelajaran pemeliharaan sistem rem XI TMO di SMK YPT Purworejo Tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas XI TMO SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 32 siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian dilakukan tes dan non tes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, siswa mengalami peningkatan aktifitas terhadap proses pembelajaran mata diklat pemeliharaan sistem rem. Hal ini dilihat dari hasil nontes siklus I dan siklus II. Pada siklus I dalam aspek keaktifan terdapat 14 siswa atau 43,75 % dalam kategori baik, 14 siswa atau 43,75 % dalam kategori cukup, dan 4 siswa atau 12,50 % siswa dalam kategori kurang. Sedangkan pada siklus II terdapat 22 siswa atau 68,75 % dalam kategori baik, 10 siswa atau 31,25 % dalam kategori cukup, dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori kurang. Hasil kemampuan siswa mengerjakan test uji coba memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 61.41 termasuk kategori cukup baik, sedangkan nilai rata- rata pada siklus I mencapai 73.91, dan termasuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II, nilai rata- rata yang dicapai adalah 78,91. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 50,00. Dengan demikian dapat dibuktikan ada peningkatan dalam pembelajaran mata diklat pemeliharaan sistem rem pada siswa kelas XI TMO SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 . en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Aktifitas Belajar, Prestasi Belajar, Sistem Rem en_US
dc.title Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Diklat Pemeliharaan Sistem Rem Siswa Kelas XI TMO SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account