Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu I (1) Tingkat hubungan
profesionalisme guru SMK Institut Indonesia Kutoarjo, (2) Hubungan
profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua kelas XI SMK Institut Indonesia Kutoarjo yang
berjumlah 110 siswa dan diambil 84 siswa. pengambilan sampel secara Random
Sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan angketdengan
skala Likert. Analisis data menggunakan korelasi, taraf signifikan dan
determinasi.
Hasil uji hipotesis memberikan hasil korelasi persial antara profesionalisme guru
terhadap prestasi belajar ( rX1Y) sebesar 9.987, dan nilai signifikan 0,040. Karena
signifikan 0,040. < 0,05. menunjukkan nilai R2 adalah 762 berarti variabel yang
dipilih pada variabel independen dapat menerangkan variasi variabel dependen
(prestasi belajar). dengan kontribusi diterangkan oleh variabel lain sebesar 23.08%