Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Tipe Structured Dyadic Methods (SDM) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggunakan Alat Ukur Teknik Kendaraan Ringan Kelas X di SMK Ma’arif 9 Klirong

Show simple item record

dc.contributor.author Apriaji
dc.date.accessioned 2018-02-13T03:48:25Z
dc.date.available 2018-02-13T03:48:25Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2345
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan prestasi belajar siswa pada materi mengunakan alat ukur dasar otomotif kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 9 Klirong dengan penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 3 SMK Ma’arif 9 Klirong, yang berjumlah 39 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki semua. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis datanya yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh dengan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM) siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil presentase siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 53,84% sebanyak 21 siswa dengan nilai rata-rata adalah 72,71. Presentase siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 100% sebanyak 39 siswa dengan nilai rata-rata 84,41. Terjadi peningkatan siswa yang tuntas dari siklus I ke siklus II sebesar 46,16%. Terjadi peningkatan nilai rata-rata post test siklus I ke post test siklus II sebesar 11,70. Penerapan model Structured Dyadic Methods (SDM) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Model Structured Dyadic Methods (SDM), Prestasi Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Tipe Structured Dyadic Methods (SDM) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggunakan Alat Ukur Teknik Kendaraan Ringan Kelas X di SMK Ma’arif 9 Klirong en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account