dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahap pengembangan
multimedia interaktif pada pemeliharaan sistem pendingin di kelas XI TOKR F
SMK Pancasila I Kutoarjo; (2) proses pengembangan multimedia
interaktif pada pemeliharaan sistem pendingin di kelas XI TOKR F SMK Pancasila I
Kutoarjo; (3) hasil belajar siswa terhadap penggunaan pengembangan multimedia
interaktif pada pemeliharaan sistem pendingin di kelas XI TOKR F SMK Pancasila I
Kutoarjo.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TOKR SMK Pancasila I
Kutoarjo yang terdiri dari 280 siswa. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai
sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XI TOKR F dan XI TOKR G. Kelas XI
TOKR F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan multimedia interaktif
pemeliharaan sistem pendingin dan kelas XI TOKR G sebagai kontrol yang
menggunakan metode ceramah. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas
kontrol yaitu dengan cara mengundi menggunakan koin. Instrumen pengumpulan
data menggunakan angket dan instrumen tes. Analisis menggunakan
statistikdeskriptif.
Hasil analisis data menunjukan bahwa pengembangan multimedia interaktif
pada pemeliharaan sistem pendingin berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa
di kelas XI TOKR F SMK Pancasila I Kutoarjo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil
uji T yang di peroleh dari nilai korelasi parsial antara pengembangan multimedia
interaktif dan peningkatan hasil belajar siswa (rXY) sebesar 4,835 dan nilai
signifikan0,038, karena signifikan kurang dari 0,05 maka pengembangan multimedia
interaktif berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar
siswa. |
en_US |