Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan pembelajaran
berbasis tugas dalam pembelajaran mata diklat Pemeliharaansistem
bahan bakar bensin, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran
berbasis tugas terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui
pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap hasil belajar
siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah
siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas
Nusantara Purworejo tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 25 orang
yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Aspek yang
diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang
menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang
ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran
berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan
teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif
kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar
siswa.
Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa
meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya
skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 58,06%
berkategori kurang, naik menjadi 72,70% berkategori cukup dan semakin
meningkat pada siklus II yaitu sebesar 81,29%. Hasil belajar siswa dapat
dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan
pembelajaran berbasis tugas berdasarkan persentase siswa yang
memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I
meningkat sebesar 48% naik menjadi 84% pada siklus II.