Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Pembelajaran Berbasis Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Santoso, Aji Budi
dc.date.accessioned 2018-02-13T04:05:15Z
dc.date.available 2018-02-13T04:05:15Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2353
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan pembelajaran berbasis tugas dalam pembelajaran mata diklat Pemeliharaansistem bahan bakar bensin, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 58,06% berkategori kurang, naik menjadi 72,70% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 81,29%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 84% pada siklus II. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject pembelajaran berbasis tugas, motivasi belajar, hasil belajar en_US
dc.title Penerapan Pembelajaran Berbasis Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account