Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media
CD Interaktif pembelajaran otomotif materi sistem pengisian pada siswa kelas XI
semester II SMK Pembaharuan Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 dan
mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo terhadap
materi sistem pengisian setelah menggunakan media CD Interaktif.
Desain penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Subjek
dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas XI Semester II SMK Pembaharuan
Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 kelas XI TKR A dan XI TKR B dan Guru
SMK Pembaharuan Purworejo Pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes,
dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan dengan pengembangan CD interaktif
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t
menunjukkan ada perbedaan signifikan rerata hasil belajar sistem pengisian
setelah menggunakan CD interaktif antara kelas eksperimen 70,94 dan kelas
kontrol. 65,63. Sehingga penggunaan CD interaktif sistem pengisian dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif meningkatkan prestasi belajar siswa.