Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan media
pembelajaran tune up toyota kijang 5K dengan menggunakan macromedia flash 8;
(2) pengaruh media pembelajaran tune up toyota kijang 5K terhadap hasil belajar
siswa di SMK PN Purworejo.
Populasi yang diambil adalah siswa SMK PN Purworejo yang
mendapatkan materi tune up. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI TKRA
dan kelas XI TKRB. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi
Experimental dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group
desaign dengan sampel dua kelas, yaitu kelas XI TKRA sebagai kelas kontrol dan
kelas XI TKRB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa untuk masingmasing
kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen dengan tes objektif
pretest dan posttest. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji t-
Test.
Hasil dari penelitian menunjukkan dengan menggunakan media
pembelajaran tune up, terdapat perbedaan prestasi belajar pada siswa SMK PN
Purworejo antara siswa yang diajar menggunakan media macromedia flash
dengan siswa yang diajar menggunakan media “konvensional” setelah diberi
perlakuan. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih
besar dari harga t tabel yaitu 2,34 > 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas
eksperimen antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran tune
up.