Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan moti vasi
belajar siswa SMK Tunas Nusantara Purworejo pada kopetensi dasar
pemeliharaan bahan bakar bensin di kelas XI. Penelitian ini dilakukan pada bulan
november tahun 2013. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah besrnya
pengaruh metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa Smk Tunas Nusantara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus. Sobjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI
program keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo tahun
ajaran 2013/2014, yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki
dan 1 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi peningkatan prestasi, dan
peningkatan motivasi siswa dalam belajar. Setelah data diperoleh kemudian
dianalisis mengunakan teknik analisis diduktif kuantitatif.
Penerapan metode resitasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi
belajar siswa hal ini dapat dilihat dari evaluasi hasil penelitian siklus 1 kesiklus II
yang mengalami peningkatan dari 33,3% menjadi 77,7%. Prestasi belajar siswa
kelas XI SMK Tunas Nusantara Purworejo dapat meningkat setelah digunakan
metode Resitasi