dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Prestasi belajar siswa
SMK Plus Nururrohmah Kuwarasan. Hal ini ditandai dengan Siswa kelas XI
merasa sulit terhadap Pembelajaran Otomotif Sistem Rem. Dikarenakan terlau
banyak teori yang disampaikan dalam pembelajaran sistem rem yang tidak di
barengi dengan praktiknya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi
belajar dengan memanfaatkan Pengembangan Media CD Interaktif.
Jenis penelitian ini adalah Reserch And Development (R&D). Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Plus Nururrohmah
Kuarasan tahun pelajaran 2013/ 2014, Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode
dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik
deskripsi persentase.
Hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran
sistem rem dengan menggunakan macromedia flash 8 pada siswa SMK
Nururrohmah Kwarasan kelas X-B peneliti mendapatkan data hasil kelas
eksperimen dengan hasil pembelajaran yang memuaskan dengan jumlah skor
soal pre tes 2717, dan pos tes 2512, sedangkan kelas control dengan jumlah skor
soal pre tes 2522, dan pos tes 1504, hasil perhitungan uji t kelas control dan
kelas eksperimen mendapatkan hasil t -0,30517 dan t tabel 1,669 sehingga
pembelajaran dengan pengembangan media pembelajaran interaktif memiliki
prestasi belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran biasa dan H diterima |
en_US |