Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa setelah diterapkanya metode PQ4R pada materi sistem pendingin di SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing silkus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi siswa, lembar observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan rerata hasil belajar, ketuntasan klasikal dan persentase motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 63% mengalami peningkatan sebesar 10% dari sebelum adanya tindakan kelas, sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa sebesar 78% mengalami peningkatan sebesar 15% dari siklus I. Sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 60% dengan nilai rata-rata 75, untuk siklus II hasil belajar siswa sebesar 80% dengan nilai rata-rata 80.