Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran produktif pengukuran teknik masih rendah, selain itu nilainya juga belum memenuhi KKM dan dalam penyampaian materi masih menggunakan menyampaikan materi di depan kelas dengan sarana papan tulis dengan kapur ataupun spidol untuk memberikan contoh atau gambaran kepada peserta didiknya, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan Efektifitas Penerapan Multimedia Interaktif.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Research and Development (R&D) Dengan 10 tahap Penelitian diantaranya, Tahap Potensi dan Masalah, Pengumpulan data, Desain Produk, Validasi Desain, Ujicoba Pemakaian, Revisi Produk, Ujicoba produk, Revisi desain,Revisi Produk, dan Produksi Masa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Efektifitas Penerapan Multimedia
Interaktif Mata Diklat Pengukuran Teknik dapat meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Hasyim Asy’ari Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil pengujian kelayakan untuk media pembelajaran alat ukur teknik adalah meliputi aspek materi pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 61,1% dan kategori layak sebesar
38,9%. Aspek media pembelajaran pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 50% dan kategori layak sebesar 50%. Aspek luaran/output pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 63,8% dan kategori layak sebesar 36,2%. Sedangkan penilaian kelayakan media secara keseluruhan pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 58,3% dan kategori layak sebesar 41,7%. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah Penerapan Multimedia Interaktif dapat digunakan ke depannya sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan keaktifan belajar.