Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh gaya belajar
terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Teknik
Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo semester V tahun ajaran
2013/2014; (2) Pengaruh kreatiftas belajar terhadap indeks prestasi belajar
mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas
Muhammadiyah Purworejo semester V tahun ajaran 2013/2014; (3) Pengaruh
gaya belajar dan kreatifitas belajar terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa
program studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah
Purworejo semester V tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 3 Purworejo. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Universitas
Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 58 mahasiswa dan diambil 48
mahasiswa sebagai sampel dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif dan analisis regresi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara gaya belajar terhadap Indeks Prestasi Universitas
Muhammadiyah Purworejo. Gaya belajar mempunyai nilai thitung sebesar 8.389
dengan nilai probabilitas sebesar 0.0005 < 0.05, (2) Ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara kreatifitas belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa.
Kreatifitas mahasiswa mempunyai nilai thitung sebesar 3.413 dengan nilai
probabilitas sebesar 0.001 < 0.05, Semakin tinggi kreatifitas mahasiswa maka
akan semakin dapat menunjang proses pembelajaran disekolah dan akan
semakin memenuhi kebutuhan proses pembelajaran. (3) Ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara gaya belajar dan kreatifitas belajar secara bersamasama
terhadap Indeks Prestasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 73.011 dengan probabilitas sebesar 0.000 <
0.05 Hasil analisis menunjukkan nilai R2 adalah 0,549 berarti variabel yang
dipilih pada variabel independen (gaya belajar dan kreatifitas mahasiswa) dapat
menerangkan variabel dependen (indeks prestasi mahasiswa) dengan kontribusi
54.90% sedangkan sisanya 45.10% diterangkan oleh variabel lain.