Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Pratama, Widya Adi
dc.date.accessioned 2018-02-13T04:19:31Z
dc.date.available 2018-02-13T04:19:31Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2367
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh gaya belajar terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo semester V tahun ajaran 2013/2014; (2) Pengaruh kreatiftas belajar terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo semester V tahun ajaran 2013/2014; (3) Pengaruh gaya belajar dan kreatifitas belajar terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo semester V tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purworejo Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 3 Purworejo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Universitas Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 58 mahasiswa dan diambil 48 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap Indeks Prestasi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Gaya belajar mempunyai nilai thitung sebesar 8.389 dengan nilai probabilitas sebesar 0.0005 < 0.05, (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreatifitas belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa. Kreatifitas mahasiswa mempunyai nilai thitung sebesar 3.413 dengan nilai probabilitas sebesar 0.001 < 0.05, Semakin tinggi kreatifitas mahasiswa maka akan semakin dapat menunjang proses pembelajaran disekolah dan akan semakin memenuhi kebutuhan proses pembelajaran. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan kreatifitas belajar secara bersamasama terhadap Indeks Prestasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 73.011 dengan probabilitas sebesar 0.000 < 0.05 Hasil analisis menunjukkan nilai R2 adalah 0,549 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen (gaya belajar dan kreatifitas mahasiswa) dapat menerangkan variabel dependen (indeks prestasi mahasiswa) dengan kontribusi 54.90% sedangkan sisanya 45.10% diterangkan oleh variabel lain. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Gaya Belajar, Kreativitas Belajar, Indeks Prestasi en_US
dc.title Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account