Abstract:
Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
apakah ada peningkatan aktifitas belajar K3 siswa kelas X TSM SMK YPE
Sawunggalih dengan penerapan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question,
Read, Reflect, Recite, Review).,(2) Untuk mengetahui seberapa tinggi persentase
peningkatan hasil belajar K3 siswa kelas X TSM SMK YPE Sawunggalih dengan
penerapan metode pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite,
Review).
Jenis peneliti menggunakan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah semua siswa kelas Kelas X TSM SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo
Tahun Pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 30 siswa. Data yang diperoleh
berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian
dilakukan tes dan non tes. Setelah data terkumpul maka dilakukan teknik analisis
data yaitu peneliti memberi uraian mengenai hasil penelitian. Menganalisis data
merupakan suatu cara yang digunakan peneliti untuk menguraikan data yang
diperoleh agar dapat dipahami bukan hanya oleh peneliti tetapi juga orang lain
yang ingin mengetahui hasil penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, siswa mengalami perubahan perilaku positif
terhadap proses pembelajaran mata diklat keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
Hal ini dilihat dari hasil nontes siklus I dan siklus II. Hasil observasi pada siklus I,
dalam aspek positif diperoleh 22 siswa atau sebesar 73,3%, pada siklus II dalam
aspek positif diperoleh 30 siswa atau sebesar 100% yang memperhatikan dan
merespon. Hasil kemampuan siswa mengerjakan test uji coba memperoleh nilai
rata-rata pada prasiklus sebesar 62.17 termasuk kategori cukup baik, sedangkan
nilai rata- rata pada siklus I mencapai 73.50, dan termasuk dalam kategori cukup
baik. Pada siklus II, nilai rata- rata yang dicapai adalah 78,17. Peningkatan dari
siklus I ke siklus II sebesar 4.70. Dengan demikian dapat dibuktikan ada
peningkatan hasil belajar mata diklat keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada
siswa kelas X TSM SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Pelajaran
2012/2013.