Abstract:
Tujuan utama yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah melakukan
pengukuran sejauh mana fasilitas bengkel yang dimiliki dan mengetahui: (1)
Bagaimanakah pengaruh Sekolah Berfasilitas Bengkel Lengkap dan Sekolah
Berfasilitas Bengkel Tidak lengkap Terhadap Hasil belajar di SMK se-Kabupaten
Kebumen; (2) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar antara Sekolah Berfasilitas
Bengkel Lengkap dan Sekolah Berfasilitas Bengkel Tidak lengkap Terhadap Hasil
belajar di SMK se-Kabupaten Kebumen.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, Populasi dalam
penelitian ini adalah semua SMK se-kabupaten kebumen yang memiliki program
teknik mekanik otomotif 38 SMK dan sebagai sampel 12 SMK dengan
mengunakan sampling sistematis menentukan sampel berdasarkan urutan dari
anggota populasi yang telah diberi nomor urut, sampel diambil dengan kelipatan
tiga. Pengambilan data dengan observasi cara melihat langsung obyek yang ada
ditempat dengan dasar instrumen standar sarana prasarana permendiknas dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kuantitatif.
Hasil perhitungan analisis data kuantitatif dapat disimpulkan bahwa
Sekolah Berfasilitas Bengkel Lengkap dan Sekolah Berfasilitas Bengkel Tidak
lengkap memberi pengaruh dan perbedaan pada hasil belajar kompetensi
pemeliharaan transmisi di SMK se-Kabupaten Kebumen. Hal tersebut dapat
dilihat dari hasil perhitungan kuantitatif diketahui bahwa perhitungan nilai ratarata
sekolah berfalitas bengkel lengkap sebesar 87.61% dengan nilai rata rata hasil
belajar sebesar 82.71 dan sekolah berfasilitas bengkel tidak lengkap dalam
pemeliharaan transmisi perhitungan nilai rata-rata bengkel sebesar 20.37% dengan
nilai rata rata hasil belajar sebesar 73.35, dengan hasil yang didapat kuat bukti
bahwa ada pengaruh bengkel lengkap dengan pengaruh nilai hasil belajar lebih
baik begitu sebaliknya faslitas bengkel tidak lengkap nilai hasil belajar
transmisinya akan rendah dan perbedaan prestasi hasil belajar sebesar 82.71 diatas
KKM banding 73.35 dibawah KKM pada SMK otomotif se Kabupaten Kebumen.