dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan metode pembelajaran
demonstrasi dengan media audio video pada mata diklat Motor Starter, untuk
diterapkan sebagai media pembelajaran pada kelas XI di SMK Muhammadiyah 2
Borobudur Magelang, dan (2) Meningkatkan kreatifitas belajar dan hasil belajar siswa
dengan menggunakan media video pembelajaran Motor Starter di SMK
Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang.
Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research &
development). Penelitian dan pengembangan ini adalah pengembangan dengan empat
langkah yaitu: (1) planning: menentukan kebutuhan dan tujuan, mengumpulkan
sumber, menghasilkan gagasan, dan (2) Design: membuat storyboard,
mempersiapkan skrip, dan (3) development: memproduksi video dan audio,
memprogram materi, meyiapkan komponen pendukung, (4) Evaluation:
mengevaluasi validasi dan revisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dihasilkannya media video
pembelajaran service perawatan dan perbaikan Motor Starter dengan tingkat
kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh hasil valid dan layak dengan
persentase 85%, penilaian dari ahli media pembelajaran diperoleh hasil valid dan
layak dengan persentase 80%, sehingga dapat digunakan dan diuji cobakan kepada
peserta didik. (2) Dengan menggunakan media video tersebut menunjukan bahwa ada
peningkatan kreatifitas belajar siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur
Magelang. Nilai rata-rata hasil evaluasi belajar siswa kelas kontrol 72,82% dan kelas
eksperimen 82,56 %, terjadi peningkatan 10%. Hal ini menunjukkan bahwa media
video pembelajaran perawatan dan perbaikan Motor Starter sangat layak dan sesuai
untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi guru dan peserta didik di SMK
Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang. |
en_US |