Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media
pembelajaran stand pada sistem starter mobil, kelayakan media pembelajaran
stand pada sistem starter mobil, dan mengetahui peningkatan hasil belajar setelah
menggunakan pembelajaran alat peraga sistem starter mobil di SMK Cipta Karya
Prembun.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan model
pengembangan dari Borg and Gall yang diadaptasi hanya sampai uji coba terbatas.
Teknikpengumpulan data menggunakan kuisioner (angket)dantes. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun yang
mendapatkan materi sistem starter yaitu kelas XI TKR yang terdiri dari 400
siswa. Obyek penelitian ada dua kelas, yaitu kelas XI TKR F dan XI TKR G.
Kelas XI TKR F sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan
kelas XI TKR G sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media
pembelajaran alat peraga. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol
yaitu dengan cara acak. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen
angket dan observasi. Analisis data meliputi kriteria interpretasi data dan
pengolahan data.
Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen
diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 70,25 dan nilai rata-rata kelas eksperimen
79,25. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 9
dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis
data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum
mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan
menggunakan media pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran alat peraga sistem starter mobil dapat digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Cipta Karya Prembun.