Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar K3 Melalui Metode Resitasi Pada Siswa Kelas X SMK YPK Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Ardiansyah, Arfan
dc.date.accessioned 2018-02-13T04:30:32Z
dc.date.available 2018-02-13T04:30:32Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2374
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMK YPK Purworejo. Hal ini ditandai dengan kurangnya keberanian siswa dalam bertanya mengenai permasalahan yang belum dimengerti dan dipahami serta pasif menjawab setiap pertanyaan selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar K3 ,melalui metode resitasi pada siswa kelas X SMK YPK Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK YPK Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 orang siswa laki-laki. Faktor yang diteliti berupa peningkatan aktifitas dan hasil belajar K3. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi dan metode tes tiap akhir siklus. Data yang dianalisis menggunakan analisis data deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode resitasi dalam pembelajaran K3 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TKRSMK YPK Purworejo. Peningkatan tersebut ditunjukan dari hasil aktivitas belajar siswa dimana nilai rata-rata persentase rata-rata 49,5% pada pra siklus menjadi 63% pada siklus I dan semakin meningkat lagi menjadi 71,5% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa tersebut berpengaruh terhadap nilai hasil belajar. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 63,60 pada pra siklus dengan ketuntasan 30% menjadi 69,00 dengan ketuntasan 45% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 74,65 dengan ketuntasan 85% pada siklus II. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah pembelajaran melalui metode resitasi dapat digunakan kedepan sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Resitasi en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar K3 Melalui Metode Resitasi Pada Siswa Kelas X SMK YPK Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account