Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh minat
belajar terhadap prestasi belajar praktik motor starter, (2) apakah ada pengaruh
latar belakang keluarga terhadap prestasi praktik motor starter, (3) apakah ada
pengaruh minat belajar dan latar belakang keluarga secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar praktik motor starter siswa kelas XI SMK Ma’arif 1 kebumen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post fakto, karena berhubungan dengan
variabel yang telah terjadi dan mereka tidak perlu memberikan perlakuan terhadap
variabel yang diteliti.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ma’arif 1 Kebumen.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 200 siswa terdiri dari 5 kelas XI Teknik
Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Sampel berjumlah 127 siswa
dengan teknik Proporsional Random Sampling. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh
dianalisis menggunakan metode kuantitatif.
Perhitungan analisis regresi ganda diperoleh F hitung sebesar 39,913
dengan p=0,000. Karena p<0,05 menunjukkan hipotesis ketiga yang berbunyi ada
hubungan yang positif antara minat belajar dan latar belakang keluarga secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar Praktik Motor Stater siswa kelas XI TKR
di SMK Ma’arif 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima.