Abstract:
Tujuan pada penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pembuatan media pembelajaran alat ukur dengan menggunakan macromedia flash dan (2) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa di SMK Ma’arif Nu 01 Bantarkawung.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develoment (R&D). Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X TKR SMK Ma’arif NU 01 Bantarkawung yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 128 siswa mendapatkan materi alat ukur yaitu kelas X TKR A, X TKR B, X TKR C dan X TKR D. Sampel penelitian ini ada dua kelas, yaitu X TKR A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flah dan X TKR B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Sampel diundi dengan menggunakan koin. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. instrumen tersebut telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes hasil belajar Alat Ukur kelas eksperimen sebesar 75,87 dan kelas kontrol sebesar 74,75. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapat tobs sebesar 0,60215 dan ttabel sebesar 1,960 dengan taraf signifikansi 0,05. tobs < ttabel, dengan DK={ t|t − tα/2; n maka tobs DK (daerah kritik) yang menyebabkan H0 diterima. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang sudah menggunakan media pembelajaran dan siswa yang belum menggunakan media pembelajran. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan hasil belajar siswa.