Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keadaan
pemanfaatan sarana dan prasarana praktik SMK Patriot Pituruh, Puirworejo, untuk
mengetahui bagaimana minat belajar siswa SMK Patriot Pituruh, Purworejo dan
untuk mengetahaui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana
praktik terhadap minat belajar transmisi manual siswa kelas XI SMK Patriot
Pituruh, Purworejo.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pemanfaatan sarana dan prasarana
praktik dan minat belajar transmisi manual. Subyek penelitian ini adalah kelas XI
SMK Patriot Pituruh, Purworejo dengan teknik Simple Random Sampling.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Data-data yang
diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif, lalu untuk mengetahaui
pengaruk pemanfaatan sarana dan prasarana praktik terhadap minat belajar
transmisi manual data dianalisis dengan menggunakan koefisien product moment
hal ini untuk mengetahuai tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 75 siswa terdiri dari 2 kelas XI Teknik Kendaraan Ringan
di SMK Patriot Pituruh. Sampel berjumlah 63 siswa. Data-data yang diperoleh
dianalisis menggunakan metode kuantitatif.
Hasil perhitungan regresi diperoleh sig pada thitung sebesar 0,000. Karena
sig<0,05 menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis yang
berbunyi Ada pengaruh positif dan signifikan antara sarana dan prasarana praktik
terhadap minat belajar transmisi manual siswa kelas XI SMK Patriot Pituruh
Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 diterima.