Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA GEGURITAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 37 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Yuliwantoro, Lilik
dc.date.accessioned 2018-02-13T05:53:08Z
dc.date.available 2018-02-13T05:53:08Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2382
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan media audio visual pada pembelajaran keterampilan membaca geguritan bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 37 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013 dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca geguritan siswa kelas VIII A SMP Negeri 37 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran dengan media audio visual. Penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing (guru bahasa Jawa) dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 37 Purworejo. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Data diukur kevalidannya dengan teknik content validity (validitas isi). Adapun analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan pembelajaran membaca geguritan dengan media audio visual pada siswa kelas VIII A SMP N 37 Purworejo berlangsung selama dua siklus dan tiap siklus terbagi menjadi dua pertemuan. Pada setiap siklusnya, diterapkan empat tahap pembelajaran, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan refleksi pada siklus II sebagai kegiatan paling akhir dalam pembelajaran, diperoleh hasil bahwa penerapan media audio visual berhasil mengubah aktivitas siswa menjadi lebih baik, selain juga meningkatkan nilai tes mereka dalam membaca geguritan; (2) peningkatan keterampilan membaca geguritan siswa kelas VIII A SMP N 37 Purworejo setelah dilakukan pembelajaran membaca geguritan dengan media audio visual adalah sebesar 12,3 pada siklus I, yakni dari nilai prasiklus sebesar 58,7 menjadi 71 pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 9,1 menjadi 80,1 pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi di hampir semua aspek penilaian membaca geguritan yang meliputi aspek kelancaran, konsentrasi, mimik wajah, kejelasan ucapan, intonasi, nada, gerak tubuh, dan penguasaan panggung en_US
dc.publisher Pend. Bhs Jawa en_US
dc.subject Membaca, Keterampilan, Media Audio Visual, Geguritan en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA GEGURITAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 37 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account