Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efektivitas penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen.
Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post facto dengan populasi semua siswa SMK Ma’arif 1 Kebumen kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan berjumlah 278 siswa, ditentukan dengan berpedoman pada nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan 5%. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa efektivitas penerapan kurikulum 2013 berada pada kategori tinggi 49,38% dan motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah dan tinggi sebesar 42,6% dan 41,97%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa efektivitas penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa kelas x program keahlian teknik kendaraan ringan smk ma’arif 1 kebumen dengan harga koefisien regresi sebesar 0,162 dengan sig < 0,05 dengan efektivitas penerapan kurikulum 2013 dapat diperoleh t = 2,080. Persamaan koefisien regresi Y = 49,511 + 0,255 X . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan. Tingkat pengaruh yang terjadi antara efektivitas penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan hubungan antara kurikulum 2013 dengan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,162 terdapat pada interval 0,000-0,199 (sangat rendah).