Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran alat ukur melalui pembelajaran Audio visual di SMK
Muhammadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran 2013/2014. Materi alat ukur dalam
penelitian ini adalah Vernier caliper dan Micrometer.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Purwodadi yang berjumlah 22 orang
siswa laki-laki. Faktor yang diteliti berupa peningkatan hasil belajar alat ukur
siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode tes akhir siklus. Data yang dianalisis menggunakan analisis data deskriptif
dengan teknik persentase.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode
audio visual dalam pembelajaran Alat Ukur dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas X TKR-1 SMK Muhammadiyah Purwodadi. Peningkatan tersebut
ditunjukan dari hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata awal sebelum siklus I
yaitu 54,54 pada pra siklus meningkat menjadi 71,59 pada siklus I, meningkat lagi
menjadi 77,73. Sementara itu diamati dari ketuntasan belajar sebelum siklus I
sebesar 13,64% pada pra siklus meningkat menjadi 68,18%, meningkat lagi
dengan ketuntasan menjadi 86,36% pada siklus II.