Abstract:
Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah media
pembelajaran interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash Flayer dapat
menghasilkan aktivitas belajar siswa yang lebih baik daripada model
pembelajaran konvensional pada materi Sistem Transmisi, (2) untuk mengetahui
apakah aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran
interaktif dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada model
pembelajaran konvensional pada materi sistem transmisi.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun pelajaran
2014/2015 yang berjumlah 9 kelas, Sebagai subyek adalah siswa kelas XI TOKR
H dan kelas XI TOKR G. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random
sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 34 siswa. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan metode
observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen tes diuji cobakan sebelum
digunakan untuk pengambilan data.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media
pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan
menggunakan Macromedia Flash Flayer dalam pembelajaran Power Train
dengan materi sistem transmisi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas XI TOKR G di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Hal ini terlihat dari hasil
observasi aktivitas belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,25%, hasil
observasi aktivitas belajar siswa kelas kontrol sebesar 43,73%, Sementara itu
angket responden siswa uji kelompok kecil 72,91%, uji kelompok besar 91,66%,
uji pembelajaran 89,58%, dan hasil belajar siswa -0,30517 kurang dari Ttabel
1,669. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash Flayer dapat digunakan
sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa.