Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran Power Train Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMK Pancasila I Kutoarjo

Show simple item record

dc.contributor.author Kelana, Ipan Bulan
dc.date.accessioned 2018-02-13T05:58:23Z
dc.date.available 2018-02-13T05:58:23Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2386
dc.description.abstract Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash Flayer dapat menghasilkan aktivitas belajar siswa yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi Sistem Transmisi, (2) untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi sistem transmisi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 9 kelas, Sebagai subyek adalah siswa kelas XI TOKR H dan kelas XI TOKR G. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen tes diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash Flayer dalam pembelajaran Power Train dengan materi sistem transmisi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI TOKR G di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,25%, hasil observasi aktivitas belajar siswa kelas kontrol sebesar 43,73%, Sementara itu angket responden siswa uji kelompok kecil 72,91%, uji kelompok besar 91,66%, uji pembelajaran 89,58%, dan hasil belajar siswa -0,30517 kurang dari Ttabel 1,669. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash Flayer dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pengembangan Media Pembelajaran en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Power Train Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMK Pancasila I Kutoarjo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account