Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Media Pembelajaran Electronik Fuel Injection Meggunakan Portable Injector Tester Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMK YPT Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Mualif, Khoirul
dc.date.accessioned 2018-02-13T06:00:00Z
dc.date.available 2018-02-13T06:00:00Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2387
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi masih minimnya media pembelajaran yang berbasis portable atau media yang bisa digunakan pada setiap tempat, serta masih kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem electronik fuel injection dikarenakan mata pelajaran produktif berbeda dengan mata pelajaran yang lain. Pada mata pelajaran produktif memerlukan media yang mendukung pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran yang telah disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan media pembelajaran dan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan portable injector tester yang diaplikasikan pada mata pelajaran sistem electronik fuel injection. Populasi yang diambil adalah siswa SMK YPT Purworejo yang mendapatkan materi sistem electronik fuel injection. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XII TKR A dan kelas XII B. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development dengan desain pretest-postest, dengan sampel dua kelas, yaitu kelas XII TKR A sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas XII TKR B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan tes objektif pretest dan postest serta angket untuk mengetahui kelayakan media yag digunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran portable injector tester yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sistem electronik fuel injection, di SMK YPT Purorejo hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. Media pembelajaran portable injector tester juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa melalui tiga tahap uji coba yaitu, uji coba satu-satu memperoleh skor 78% yang meliputi 3 siswa, uji coba kelompok kecil memperoleh 82.7% yang meliputi 15 siswa dan uji coba kelompok besar atau tahap akhir yang memperoleh skor 93% yang meliputi 38 siswa. Pada hasil belajar siswa juga menunjukkan prestasi belajar dari yang sebelum menggunakan media portable injector tester dan sesudah menggunakan media portable injector tester. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 2.76>1.66. Dengan demikian pada kelas eksperimen antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran ini. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Media Pembelajaran, Electronic Fuel Injection, Hasil Belajar en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Electronik Fuel Injection Meggunakan Portable Injector Tester Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMK YPT Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account