Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan media pembelajaran sistem pendingin menggunakan portable cooler engine; dan (2) pengaruh media pembelajaran portable cooler engine terhadap hasil belajar siswa di SMK Ma‟arif 4 Kebumen.
Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Subjek yang menjadi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Ma‟arif 4 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 yang mendapatkan materi sistem pendingin yaitu kelas XI TKR yang terdiri dari 70 siswa. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran sistem pendingin dan kelas XI TKR B sebagai kelas control yang menggunakan media ceramah. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara menggundi menggunakan koin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes. Analisis data meliputi kriteria interpretasi data dan pengolahan data.
Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh persentase nilai rata-rata kelas kontrol 68,28% dan persentase nilai rata-rata kelas eksperimen 76,85%. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 8,57% dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sistem pendingin menggunakan media portable cooler engine dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Ma‟arif 4 Kebumen.