Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Efektivitas Pengunaan Metode Pembelajaran Jigsaw dan Mind Map Pada Kompetensi Sistem Pengapian Siswa Kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo

Show simple item record

dc.contributor.author Febriyanto, Mundak Bayu
dc.date.accessioned 2018-02-13T06:05:34Z
dc.date.available 2018-02-13T06:05:34Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2391
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) untuk mengetahui pengunaan metode jigsaw atau metode mind map salah satu bisa meningkatkan pada hasil pembelajaran sistem pengapian pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo, dan (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil prestasi siswa setelah mendapat metode pembelajaran jigsaw dan mind map. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo tahun pembelajaran 2013/2014. Subjek penelitian seluruh siswa kelas XI SMK Muhamaddiyah 2 Wonosobo program keahlian Teknik Sepeda Motor, berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes, yaitu tes buatan guru dan tes standar. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian: (1) berdasarkan hasil dari perhitungan analisis data dan sesuai rumusan pada hipotesis, dapat diketahui hasil belajar siswa hasilnya lebih baik mengunakan metode mind map dari pada menggunakan metode jigsaw; (2) hasil prestasi siswa dari prasiklus sampai siklus II banyak mengalami kenaikan hasil prestasi belajar siswa sistem pengapian kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo. Kemampuan siswa dalam pembelajaran sistem pengapian skor rata-rata pada prasiklus adalah 51 atau 4% kategori sangat kurang. Setelah penelitian dilakukan menggunakan metode jigsaw, rata-rata kemampuan siswa dalam pembelajaran sistem pengapian menjadi 74,7 atau 56% termasuk masih katgori cukup, tetapi pada siklus I belum mencapai rata-rata 75,00 sehingga diperlukan penerapan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode mind map untuk mengetahui lebih efektif mana diantara dua metode tersebut. Selanjutnya pada siklus II, rata-rata kemampuan siswa dalam pembelajaran sistem pengapian meningkat lagi menjadi 79,4 atau 88% merupakan katefori yang sudah baik dan sudah mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75,00. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject metode jigsaw, metode mind map, sistem pengapian. en_US
dc.title Efektivitas Pengunaan Metode Pembelajaran Jigsaw dan Mind Map Pada Kompetensi Sistem Pengapian Siswa Kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account