dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf
narasi Ekspositoris berbahasa Jawa dan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran
menulis paragraf narasi Ekspositoris berbahasa jawa dengan media gambar berseri.
Penelitian ini menekankan pada: (1) langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf
narasi ekspositoris berbahasa Jawa dengan media gambar berseri pada siswa kelas
VII MTs Darussa’adah Kritig Petanahan Kebumen; (2) pengaruh pembelajaran
menulis paragraf narasi ekspositoris berbahasa Jawa dengan media gambar berseri
terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Darussa’adah Kritig Petanahan
Kebumen; (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris
berbahasa Jawa siswa kelas VII MTs Darussa’adah Kritig Petanahan Kebumen
setelah memperoleh pembelajaran menulis paragraf narasi ekspositoris dengan media
gambar berseri.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTs Darussa’adah Kritig
Petanahan Kebumen pada 7, 14 dan 21 januari 2013 dengan subjek penelitian
siswa kelas VII yang berjumlah 33 siswa. Objek dalam penelitian tindakan kelas
ini adalah kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi ekspositoris melalui
pembelajaran dengan media gambar berseri. Penelitian ini terdiri dari tiga kali
kegiatan, yaitu kegiatan prasiklus, kegiatan siklus I, kegiatan siklus II. Masing
masing siklus mengacu pada prosedur penelitian yaitu perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian pada pembelajaran menulis paragraf narasi ekspositoris
berbahasa jawa dengan menggunakan media gambar berseri terus meningkat dari
siklus I ke siklus berikutnya. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di sekolah tersebut
untuk mata pelajaran bahasa jawa adalah 65 dilihat dari nilai rata-rata kelas pada
kegiatan prasiklus terdapat 6 siswa yang nilainya sudah mencapai batas KKM, ada 27
siswa yang nilainya di bawah batas KKM, dan nilai rata-rata kelas hanya 60 Pada
kegiatan siklus I hasil ketrampilan menulis siswa sudah meningkat yaitu siswa yang
nilainya sudah mencapai batas KKM ada 12 siswa, yang nilainya dibawah KKM ada
21siswa, dan nilai rata-rata kelas sudah mencapai 65 pada kegiatan siklus II hasil
ketrampilan menulis siswa mengalami peningkatan yang signifikan, semua siswa
nilainya sudah mencapai batas nilai KKM. Nilai rata-rata kelas pada kegiatan siklus II
mencapai 77 pada kegiatan siklus II ini semua siswa nilainya sudah mencapai batas
KKM. |
en_US |