Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran group investigation, dan (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang berusaha meningkatkan hasil belajar dan keaktivan belajar, suatu rencana pembelajaran terhadap kinerja guru serta interaksi antara siswa dengan siswa, dan siswa dengan guru, adapun jumlah subyek adalah 28 siswa dengan tingkat kemampuan belajar K3 yang bervariasi. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan soal yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Pancasila 1 Kutoarjo menggunakan metode Group Investigation memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 63.03 termasuk kategori cukup baik, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 73.75 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Pada sikuls II, nilai rata-rata yang dicapai adalah 78.75. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 10.72. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5. Dengan demikian dapat dibuktikan ada peningkatan dalam pembelajaran pada mata diklat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menggunakan metode Group Investigation pada siswa kelas X TKR SMK Pancasila Kutoarjo