Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan media
pembelajaran sistem pengapian dengan menggunakan macromedia flah 8 di SMK
Nurussalaf Kemiri dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan
macromedia flash 8 di SMK Nurussalaf Kemiri.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo
tahun ajaran 2014/2015 yang mendapatkan materi sistem pengapian yaitu kelas
XI TKR yang terdiri dari 70 siswa. Dalam penelitian ini yang digunakan dua
kelas, yaitu kelas XI TKR 2 dan XI TKR 4. Kelas XI TKR 2 sebagai kelas
kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas XI TKR 4 sebagai kelas
eksperimen yang menggunakan media pembelajaran sistem pengapian. Cara
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara menggundi
menggunakan koin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan
instrumen tes. Analisis data meliputi kriteria interpretasi data dan pengolahan
data. Proses pembuatan media pembelajaran pada penelitian ini dilakukan melalui tiga
tahap yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji lapangan. Yang kedua
adalah pengembangan produk.dan terakhir adalah uji coba satu-satu, uji coba kelompok
kecil dan implementasi produk akhir
Hasil penelitian Research and Developmen yang dilaksanakan pada materi
Sistem Pengapian mengalami peningkatan, untuk peningkatan hasil belajar pada
pre tes kelas eksperimen yaitu 31, 88, setelah melakukan pemberian materi
dengan macromediaflash 8 hasil post tes naik menjadi 83, 75. Dalam perhitungan
t-hitung adalah 14.832. Dengan toleransi kesalahan 0.05. Nilai ditabel hitung
adalah 1.999. Dari hasil tersebut t- hitung lebih besar dari t-tabel .
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan
macromediaflash8 dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di
SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo kelas XI TKR dengan di tandai meningkatnya
hasil belajar siswa.