Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Keefektivan metode pembelajaran ceramah dengan media animasidan metode demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan mata pelajaran trasmisi manual kelas XI di SMK Tamtama Kroya Cilacap

Show simple item record

dc.contributor.author Taryono
dc.date.accessioned 2018-02-13T06:20:57Z
dc.date.available 2018-02-13T06:20:57Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2399
dc.description.abstract Penelitianinibertujuan untuk mengetahui keefektivan metode pembelajaran ceramah dengan media animasi dan metode demonstrasi pada mata pelajaran trasmisi manual dan juga untuk mengetahui manakah yang lebih efektiv antara metode pembelajaran ceramah dengan media animasi dan metode pembelajaran demonstrasi pada kelas XI di SMK Tamtama Kroya Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis eksperimen semu (Quasi experiment). Dengan rancangan peneliti yang digunakan adalah Non randomized pretest-postest with control group design, bertujuan untuk mengkaji masalah keefektivan antara metode pembelajran ceramah dengan media animasi dan metode demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan mata pelajaran trasmisi manual pada kelas XI di SMK Tamtama Kroya Cilacap. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah group I sebagai kelas eksperimen dan gruop II sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisi deskriptif dan uji prasayarat analisis dengan uji normalitas, uji homoginitas, serta uji hipotesis dengan Uji-T Sampel independen (independent t-Tes)dan Uji-T Sampel Berkorelasi (piared t- Test). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan tentang mata pelajaran trasmisi manual siswa kelas eksperimen sesudah menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan media animasi memperoleh nilai rata-rata 73.75 dan siswakelas kontrol sesudah menggunakan metode demonstrasi memperoleh nilai rata-rata 67.88. Hasil analisis statistik dengan ujit-test sampel independentposttest didapatkan nilai thasil>ttabel yaitu 3.82 > 1.99 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dengan demikian diketahui nilai probabilitas berada di bawah 0.05 (0.000 < 0.05) artinya ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran ceramah dengan media animasi den metode demonstrasi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran ceramah dengan media animasi lebih efektiv dibandingkan dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan pengetahuan mata pelajaran trasmisi manual pada siswa kelas XI di SMK Tamtama Kroya Cilacap. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Keefektivan, Metode pembelajaran, animasi, demonstrasi en_US
dc.title Keefektivan metode pembelajaran ceramah dengan media animasidan metode demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan mata pelajaran trasmisi manual kelas XI di SMK Tamtama Kroya Cilacap en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account