Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi terhadap
prestasi belajar sistem rem, (2) pengaruh modul praktik terhadap prestasi belajar
sistem rem, (3) pengaruh motivasi belajar dan modul praktik terhadap prestasi
belajar sistem rem siswa kelas XI SMK Ma’arif 9 Kebumen.
Populasi dalam penelitian ini 134 siswa, jumlah sampel 100 siswa.
Penentuan jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel penentuan yang
dikembangkan oleh Issac dan Michel. Teknik pengambilan sampel menggunakan
simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan
dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas
dengan alpha cronbach. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa motivasi belajar siswa
pada kategori cukup sebesar 59%, modul praktik pada kategori cukup sebesar
59%, berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel motivasi
belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar (r = 0,272 sig = 0,000 < 0,05 .
Artinya hipotesis pertama diterima. Variabel modul praktik mempengaruhi
pencapaian prestasi belajar siswa (r = 0,697 sig = 0,000 < 0,05). Artinya hipotesis
ke dua diterima karena hasilnya positif. Hasil regresi ganda diperoleh koefisien
(R) sebesar 0,760 ( F = 66,489 sig = 0,000 < 0,05 berarti ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dan modul praktik secara
bersama-sama terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Persamaan regresi Y=
40,223 + 0,373X1+ 0,931X2, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.