Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) tahap pengembangan model pembelajaran tune up sepeda motor di
kelas TKR B SMK Cipta Karya Prembun, (2) pengaruh model pembelajaran tune up
sepeda motor terhadap aktivitas dan kemandirian siswa saat pembelajaran di SMK
Cipta Karya Prembun.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun tahun
ajaran 2013/2014 yang mendapatkan materi tune up yaitu kelas XI TKR B yang terdiri
dari 40 siswa. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai objek penelitian adalah
dua kelas, yaitu kelas XI TKR B dan XI TKR F. Kelas XI TKR B sebagai kelas
kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas XI TKR F sebagai kelas
eksperimen yang menggunakan media pembelajaran tune up. Cara menentukan kelas
eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara mengundi menggunakan koin.
Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis
data meliputi kriteria interpretasi data dan pengolahan data.
Hasil analisis data hasil evaluasi aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol dan
kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 56,18 dan nilai rata-rata kelas
eksperimen 64,80. Sedangkan hasil analisis data hasil evaluasi kemandirian belajar
siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol
10,65 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 14,65. Dari analisis data tersebut terdapat
perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran
dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran tune up dengan menggunakan video
pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan kemandirian belajar
siswa SMK Cipta Karya Prembun.