Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Model Pembelajaran Tune Up Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemandirian Siswa di SMK Cipta Karya Prembun

Show simple item record

dc.contributor.author Setiaji, Unggul
dc.date.accessioned 2018-02-13T06:25:52Z
dc.date.available 2018-02-13T06:25:52Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2402
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahap pengembangan model pembelajaran tune up sepeda motor di kelas TKR B SMK Cipta Karya Prembun, (2) pengaruh model pembelajaran tune up sepeda motor terhadap aktivitas dan kemandirian siswa saat pembelajaran di SMK Cipta Karya Prembun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun tahun ajaran 2013/2014 yang mendapatkan materi tune up yaitu kelas XI TKR B yang terdiri dari 40 siswa. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai objek penelitian adalah dua kelas, yaitu kelas XI TKR B dan XI TKR F. Kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas XI TKR F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran tune up. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara mengundi menggunakan koin. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data meliputi kriteria interpretasi data dan pengolahan data. Hasil analisis data hasil evaluasi aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 56,18 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 64,80. Sedangkan hasil analisis data hasil evaluasi kemandirian belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 10,65 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 14,65. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tune up dengan menggunakan video pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan kemandirian belajar siswa SMK Cipta Karya Prembun. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Media Pembelajaran, Meningkatkan, Aktivitas dan Kemandirian belajar en_US
dc.title Pengembangan Model Pembelajaran Tune Up Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemandirian Siswa di SMK Cipta Karya Prembun en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account