Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN SESORAH MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XIIPS SMA PGRI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Hekmahtiyar, Avid Hawasthuthi
dc.date.accessioned 2018-02-13T06:27:49Z
dc.date.available 2018-02-13T06:27:49Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2404
dc.description.abstract Penulis meneliti dua permasalahan, yaitu (1) langkah-langkah penerapan media audio visual, (2) peningkatan kemampuan hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan media audio visual, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas XI IPS SMA PGRI 1 Kebumen.Objek penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran keterampilan sesorah melalui media video pidato pada siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Kebumen tahun pelajaran 2011/2012; pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran sesorah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Kebumen; dan peningkatan kemampuan berpidato siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Kebumen.Sumber data penelitian ini adalah hasil tes kemampuan siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Kebumen dala mengerjakan soal dengan materi sesorah menggunakan media audio visual. Teknik pengumpulan data digunakan observasi kelas, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dalam teknik analisis data digunakan kuantitaf dan metode kualitatif.Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa praktik berpidato yang kemudian dinilai oleh guru. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil tes kemampuan siswa pada setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil observasi, pada tahap pra siklus siswa yang mempunyai perhatian baik sebanyak 6 siswa atau sebesar 20%, siklus I sebanya 73%. Siswa dengan keaktifan baik pada pra siklus sebanyak 5 siswa atau sebesar 17%, pada siklus I dan siklus II siswa atau 37%, dan pada siklus II sebanyak 20 siswa atau sebesar 67%. Hasil tes kemampuan siswa juga meningkat. Hal ini terlihat pada hasil tes siswa pada tahap pra siklus aspek pelafalan 3,3 kemudian pada siklus I sebesar 3,7 dan pada siklus II sebesar 4,2. Kemudian aspek kelancaran pada tahap pr siklus sebesar 3,2 dan pada tahap siklus I sebesar 3,8 serta pada tahap siklus II sebesar 42. Aspek gaya pada taha pra siklus adalah 2,7; pada tahap siklus I sebesar 3,2 dan pada tahap siklus II sebesar 3,8. en_US
dc.publisher Pend. Bhs Jawa en_US
dc.subject keterampilan sesorah, media audio visual en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN SESORAH MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XIIPS SMA PGRI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account