Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui
bagaimana ada peningkatan prestasi belajar praktek praktek mata diklat Perawatan
dan Perbaikan Motor Otomotif pada siswa kelas XI SMK Taman Karya Madya
Teknik Kebumen melalui penerapan metode Audio Visual dan Diskusi, (2) untuk
mengetahui bagaimana ada peningkatan motivasi belajar praktek praktek mata
diklat Perawatan dan Perbaikan Motor Otomotif pada siswa kelas XI SMK Taman
Karya Madya Teknik Kebumen melalui penerapan metode Audio Visual dan
Diskusi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas/ action class.
Penelitian ini dilaksanakan di di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen,
SMK ini merupakan salah satu sekolah kejuruan di bagian tengah kabupaten
Kebumen, tepatnya beralamat di jalan Cincin Kota No. 18 Kebumen. Sampel
berjumlah 40 siswa digunakan adalah metode angket dan tes. Data di peroleh
dengan dianalisis menggunakan metode analisis univarian.
Hasil perhitungan secara serentak diperoleh siklus I menunjukan dengan F
hitung 5.055 dengan probabilitas 0,006. Karena probabilitas < 0,05 maka Ho
ditolak. Atau rata-rata prestasi belajar sebelum perlakuan (Hasil UAS Ganjil)
dengan setelah diberi perlakuan ada siklus 1 mengalami peningkatan. Dan pada
siklus II prestasi belajar menunjukan F hitung sebesar 2,725 dan probabilitas
sebesar 0,039. Karena probabilitas < 0,05 maka Ho ditolak dan disimpulkan
terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada siklus 1 dibanding dengan siklus II,
hal ini diperkuat dengan persentase peningkatan dibanding hasil pada siklus I
sebesar 57,49. menunjukkan bahwa hipotesis keempat yang berbunyi ada adanya
peningkatan siklus I dan siklus II motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar
dalam kompetesi perawatan dan perbaikan motor otomotif pada siswa kelas XI
SMK Taman Karya Madya Teknik kebumen.